Artikel
Serah Terima Inovasi Aplikasi Si Demang Desa Mangli
17 April 2024 bertempat di Balai Desa Mangli, PJ Kepala Desa Mangli Bapak Vara Tedi, S.Stp, M.Si menerima inovasi Aplikasi “Si Demang”. 2 program desa, yaitu Web Desa itu sendiri dan sebuah Aplikasi Layanan Dokumen Masyarakat Desa. Program yang cukup mendasar meski terkesan simple namun memberikan manfaat penting bagi Pemerintahan Desa itu sendiri, selain mengenal profil desa secara lengkap kita juga mencoba untuk menyajikan secara transparan perihal transparansi pemanfaatan anggaran didesa hingga sejauh mana pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan. Pemperkenalkan lebih jauh terkait mitra Pemerintahan Desa manfaat dan fungsinya sejauh ini.
Media berupa lapak desa yang coba diafiliasikan dengan e-commerce nasional dibangun untuk mengfasilitasi UMKM yang ada didesa sehingga Pemerintah Desa sendiri turut hadir dalam ikut serta membangkitkan perekonomian industri kreatif didesa tersebut. Tak lepas dari itu semua disisipkan pula media berupa artikel dan visual yang ada pada Youtube Chanel masing-masing desa, sehingga informasi beragam kegiatan dan pembangunan desa bisa disajikan dan terekam secara digital terkait pencapaiannya dari waktu ke waktu.
Selain Web Desa sendiri turut hadir “Aplikasi Layanan Dokumen Masyarakat Desa” yang terintegrasi secara digital dengan Pemerintahan Desa itu sendiri. Tujuannya adalah memberi kemudahan masyarakat desa dalam mendapatkan beragam layanan dokumen sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendapatkannya! Ada atau tidak ada sekalipun puncuk pimpinan didesa layanan dokumen tetap bisa terpenuhi secara digital dan secara fisik masyarakat dipastikan mendapatkannya. Entri NIK dan nama yang mengajukan surat layanan, mereka dengan mudah disajikan surat layanan apa yang dibutuhkan. Setelah masyarakat desa memilih meng-input data yang diperlukan, submit layanan akan diterima oleh operator/admin desa, mereka akan melakukan verikasi terlebih dahulu untuk memastikan input data yang dilakukan oleh masyarkat, selanjutnya operator/admin desa mencetaknya dengan disyahkan melalui tanda tangan elektronik/QR yang terintegrasi dengan Pemerintah Desa sendiri.
Inovasi sederhana ini sangat dibutuhkan oleh masyarkat sendiri di era digital, Pemerintah Desa berperan aktif untuk menjadi fasilitator terkait layanan masyarakat guna untuk mendapat kepuasaan akan hadirnya Pemerintah Desa dalam memberikan kepuasan layanan masyarakat.
Salam Inovasi Desa!
17 April 2024 bertempat di Balai Desa Mangli, PJ Kepala Desa Mangli Bapak Vara Tedi, S.Stp, M.Si menerima inovasi Aplikasi “Si Demang”. 2 program desa, yaitu Web Desa itu sendiri dan sebuah Aplikasi Layanan Dokumen Masyarakat Desa. Program yang cukup mendasar meski terkesan simple namun memberikan manfaat penting bagi Pemerintahan Desa itu sendiri, selain mengenal profil desa secara lengkap kita juga mencoba untuk menyajikan secara transparan perihal transparansi pemanfaatan anggaran didesa hingga sejauh mana pembangunan dan pemberdayaan yang dilakukan. Pemperkenalkan lebih jauh terkait mitra Pemerintahan Desa manfaat dan fungsinya sejauh ini.
Media berupa lapak desa yang coba diafiliasikan dengan e-commerce nasional dibangun untuk mengfasilitasi UMKM yang ada didesa sehingga Pemerintah Desa sendiri turut hadir dalam ikut serta membangkitkan perekonomian industri kreatif didesa tersebut. Tak lepas dari itu semua disisipkan pula media berupa artikel dan visual yang ada pada Youtube Chanel masing-masing desa, sehingga informasi beragam kegiatan dan pembangunan desa bisa disajikan dan terekam secara digital terkait pencapaiannya dari waktu ke waktu.
Selain Web Desa sendiri turut hadir “Aplikasi Layanan Dokumen Masyarakat Desa” yang terintegrasi secara digital dengan Pemerintahan Desa itu sendiri. Tujuannya adalah memberi kemudahan masyarakat desa dalam mendapatkan beragam layanan dokumen sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendapatkannya! Ada atau tidak ada sekalipun puncuk pimpinan didesa layanan dokumen tetap bisa terpenuhi secara digital dan secara fisik masyarakat dipastikan mendapatkannya. Entri NIK dan nama yang mengajukan surat layanan, mereka dengan mudah disajikan surat layanan apa yang dibutuhkan. Setelah masyarakat desa memilih meng-input data yang diperlukan, submit layanan akan diterima oleh operator/admin desa, mereka akan melakukan verikasi terlebih dahulu untuk memastikan input data yang dilakukan oleh masyarkat, selanjutnya operator/admin desa mencetaknya dengan disyahkan melalui tanda tangan elektronik/QR yang terintegrasi dengan Pemerintah Desa sendiri.
Inovasi sederhana ini sangat dibutuhkan oleh masyarkat sendiri di era digital, Pemerintah Desa berperan aktif untuk menjadi fasilitator terkait layanan masyarakat guna untuk mendapat kepuasaan akan hadirnya Pemerintah Desa dalam memberikan kepuasan layanan masyarakat.
Salam Inovasi Desa!